Nama
beliau adalah Gauts Zaman al-Waly Qutbil Akwan Syekh Muhammad bin Abdul Karim
as-Samman al-Madani keturunan Sayyidina Hasan bin Sayyidina Ali dengan Sayyidah
Fatimah az-Zahra binti Sayyidina Rasulullah Saw.
Lahir
di Kota Madinah pada tahun 1132 H / bertepatan tahun 1718 M.
Wafat pada hari Rabu 2 Zulhijjah tahun 1189 H, di makamkan di Baqi’.
Wafat pada hari Rabu 2 Zulhijjah tahun 1189 H, di makamkan di Baqi’.
Beliau
adalah ulama besar dan wali agung berdarah AHLUL BAIT NABI beraqidah
ahlussunnah wal jamaah dengan Asy’ari dalam bidang teologi atau aqidah, dan
Syafii mazhab fiqih furu’ ibadatnya, dan Junaid al-Baghdadi dalam tasawufnya.
Beliau
r.a tinggal di Madinah menempati rumah yang pernah ditinggali Khalifah pertama,
yakni Sayyidina Abu Bakar Shiddiq r.a (seorang Shiddiq yang paling agung yang
tiada bandingnya, kecuali para Anbiya wal mursalin).
Guru
mursyid Beliau adalah Sayyidina Syekh Mustafa Bakri, seorang wali agung dari
Syiria, dari pihak ayah keturunan Sayyidina Abu Bakar Shiddiq r.a dari pihak
ibu keturunan Syayidina Husin Sibthi Rasulullah Saw.
Pangkat
kewalian beliau adalah seorang Pamungkas para wali, yakni Gauts Zaman, dan wali
Qutb Akwan, yakni kewalian yg hanya bisa dicapai oleh para sadah yang dalam
tiap periode 200 tahun sekali. Dan beliau adalah Khalifah Rasulullah pada zamannya.
(syahdan)
adalah nama beliau sayyidi syekh samman itu dari pada lauhil mahfuz dan
setengah dari pada WAZAN MAHDI menyebut kan yang demekian itu di dalam kitab
THABAQAT bagi sayyid ahmad as-syarnubi,maka lihat lah di dalam THABAQAT nya itu
ADALAH TA’BIAT sayyidi syekh samman RA, kasih sayang kepada orang yang thalibul ilmu dan kepada orang yang sholih ,dan kepada orang tang faqir dan miskin dan lagi pula suka berkhidmah kepada orang yang ziarah ke maQam rasulullah dari pada orang yang ‘alim dan orang yang sholih dari pada orang awam dan khawwas
ADALAH TA’BIAT sayyidi syekh samman RA, kasih sayang kepada orang yang thalibul ilmu dan kepada orang yang sholih ,dan kepada orang tang faqir dan miskin dan lagi pula suka berkhidmah kepada orang yang ziarah ke maQam rasulullah dari pada orang yang ‘alim dan orang yang sholih dari pada orang awam dan khawwas
Tabi’at
SAYYIDI SYEKH SAMMAN selagi kecil hingga pada had mursyid’x : adalah beliau
sangat memulia kan ke dua orang tua beliau ,lagi pula mengekal kan
musyahadatuwujud dan muraqabah dan ‘ibadah hingga beliau meninggal kan dari
pada adat dan melawani hawa nafsu beliau hingga dari pada yang halal sekali pun
,dan tida lah beliau tidur kecuali sedikit jua ,dan apabila di beri bantal oleh
orang tua beliau maka keluh kesah lah beliau seperti orang yang sakit,dan apabila
sampai pada waktu syahur beliau bangun dan membaca ratib syahur lalu sembahyang
subuh berjama’ah dengan orang banyak lalu membaca ratib subuh hingga terbit
matahari , dan ap[abila terbit matahari maka bangkit lah beliau untuk sholat
sunat isyraq dua raka’at, dan apabila naik matahari seperempat maka bangkit lah
beliau untuk sholat dhuha ,dan lagi pula adalah beliau membanyak kan puasa
sunnat dan riyadhah dan menjauh kan dari bersedap dari lezat nya dunia sampai
dari pada yang halal sekali pun ,dan adalah hal ihwal ini adalah hal jeada’an
beliau semasa kecil beliau yakni sebelum balig nya , pada masa itulah beliau di
suruh orang tua nya masuk ke dalam shiwan(tempat makan) untuk di beri makan
makanan ,mana kala selesai makan di lihat oleh orang tua nya tempat ia makan
se’olah” tak di makan beliau ,dan pergi lah orang tuanya kepada guru mengaji
al-qur’an semasa kecil nya untuk menghabar kan hal ihwal anak nya ,maka di
jawab oleh guru nya jangan lah engkau takut akan anak mu itu , tidak syak lagi
bahwa ia adalah aulia allah da tidak khilaf lagi antara ulama,dan adalah
sayyidi syekh samman apabila melihat orang tua nya memakai pakayan yang indah”
atau memakai pakaya yang di larang syara’ maka di kata kan kepada nya wahai
orang tua ku tidak lah suka tuhan kita kepada orang yang bersuka” di dalam
dunia ini ,demikian lah hal ihwal masa kecil beliau
(syahdan)
adalah sayyidi syekh samman al-madani selalu dalam zdikir siang dan malam dan suka ber’ujlah (bersunyi dari manusia)dan masuk khalwat ,dan melajim kan ziarah ke baqi’ yakni pekuburan para istri” rasulullah ,di madinaturrasul ,
adalah sayyidi syekh samman al-madani selalu dalam zdikir siang dan malam dan suka ber’ujlah (bersunyi dari manusia)dan masuk khalwat ,dan melajim kan ziarah ke baqi’ yakni pekuburan para istri” rasulullah ,di madinaturrasul ,
DAN
ADALAH HAL IHWAL NYA SAYYIDI SYEKH SAMMAN AL-MADANI pada masa bidayah nya yakni
masa awal permula’an dia menjalani akan jalan tasauf beliau berpakaian dengan
pakaian yang indah” kemudian datang sayyidi syekh sayyid abdul qadir al-jailani
membawa baju jubah putih padahal adalah sayyidi syekh samman dalam kamar
khalwat beliau dan memakai lah akan baju jubah itu sampai sekarang,dan adalah
beliau sa’at itu menyembunyikan ilmu dan amal beliau hingga datang
hadhdharurrasul memerintah kan untuk menzahir kan nya ,maka zhahir lah lebih
zhahir dari matahari di tengah hari,dan berdatangan lah orang” untuk mengambi
bai’at thariqat kepada beliau
SETENGAH
PERKATA’AN SAYYIDI SYEKH SAMMAN AL-MADANI:
-barang siapa membaca ” allahummagfir li ummati sayyidina muhammad,allahummarham ummata sayyidina muhammad ,allahummastur ummata sayyidina muhammad ,allahummajbur ummata sayyidina muhammad ” 4 kali sesuda sholat subuh sebelum berkata” urusan dunia hal nya dia istiqamah adalah dia menempati martabat fadilah qutub
-barang siapa mengambil tariqat kepada ku dan mengamal kan nya niscaya pasti ia akan mendapat kan rasa majzub di dalam dunia (di ambil oleh allah aqal nya yang basyari’ah diganti dengan aqal yang bersifat rabbaniyah) yakni diambil oleh allah akan rasa punya wujud dan sifat dan af’al di ganti dengan rasa ‘adam mahdhah adam semata” yakni tiada punya wujud ,sifat dan af’al melayin kan hanya allah SWT yang punya wujud haqiqi,minimal sa’at sakaratul maut’ nya
-adalah perkata’an ku ini seperti perkata’an sayyidi syekh abdul qadir al-jailani “barang siapa yang menyeru akan aku ya samman 3 kali hal keada’an nya mendapat kesusahan ,niscaya datang aku menolongnya
-barang siapa membaca ” allahummagfir li ummati sayyidina muhammad,allahummarham ummata sayyidina muhammad ,allahummastur ummata sayyidina muhammad ,allahummajbur ummata sayyidina muhammad ” 4 kali sesuda sholat subuh sebelum berkata” urusan dunia hal nya dia istiqamah adalah dia menempati martabat fadilah qutub
-barang siapa mengambil tariqat kepada ku dan mengamal kan nya niscaya pasti ia akan mendapat kan rasa majzub di dalam dunia (di ambil oleh allah aqal nya yang basyari’ah diganti dengan aqal yang bersifat rabbaniyah) yakni diambil oleh allah akan rasa punya wujud dan sifat dan af’al di ganti dengan rasa ‘adam mahdhah adam semata” yakni tiada punya wujud ,sifat dan af’al melayin kan hanya allah SWT yang punya wujud haqiqi,minimal sa’at sakaratul maut’ nya
-adalah perkata’an ku ini seperti perkata’an sayyidi syekh abdul qadir al-jailani “barang siapa yang menyeru akan aku ya samman 3 kali hal keada’an nya mendapat kesusahan ,niscaya datang aku menolongnya
Semula,
ia belajar Tarekat Khalwatiyyah di Damaskus. Lama-kelamaan, ia mulai membuka
pengajian yang berisi teknik zikir, wirid, dan ajaran tasawuf lainnya. Ia
menyusun cara pendekatan diri dengan Allah SWT yang akhirnya disebut sebagai
Tarekat Sammaniyah. Sehingga, ada yang mengatakan bahwa Tarekat Sammaniyah
adalah cabang dari Khalwatiyyah.
Demi
memperoleh ilmu pengetahuan, ia rela menghabiskan usianya dengan melakukan
berbagai perjalanan. Beberapa negeri yang pernah ia singgahi untuk menimba ilmu
di antaranya adalah Iran, Syam, Hijaz, dan Transoxiana (wilayah Asia Tengah
saat ini). Karyanya yang paling terkenal adalah kitab Allnsab. Ia juga
mengarang buku-buku lain, seperti Mujamu al-Masyayikh, Tazyilul Tarikh Baghdad,
dan Tarikh Marv.
Kemuliaan
Syekh
Muhammad Samman dikenal sebagai tokoh tarekat yang memiliki banyak karamah.
Baik kitab Manaqib Syaikh al-Waliy al-Syahir Muhammad Saman maupun Hikayat
Syekh Muhammad Saman, keduanya mengungkapkan sosok Syekh Samman.
Karamah
sayyidi syekh samman teramat banyak dan sebagian karamah Sayyidi Syekh Samman
yang diriwayatkan Mufriin bin Abdul Mu’in dengan katanya : ketika aku berlayar
ke negeri Hijaz manakala aku sampai di tepi laut ku lihat mega hitam pekat dan
datang angin topan yang kencang hingga kapal ku hampir tenggelam maka aku
sangat takut , lalu aku berteriak sehabis-habis suara “yaa Samman” 3 kali ya
mahdali” maka tiba” ada dua orang yang datang dan memegang kedua sisi kapal ku
dan reda lah angin tupan itu serta sampai lah aku ke negri hijaz dengan selamat
Sebagaimana
guru-guru besar tasawuf, Syekh Muhammad Samman terkenal akan kesalehan,
kezuhudan, dan kekeramatannya. Konon, ia memiliki karamah yang sangat luar
biasa. “Ketika kaki diikat sewaktu di penjara, aku melihat Syekh Muhammad
Samman berdiri di depanku dan marah. Ketika kupandang wajahnya, tersungkurlah aku
dan pingsan. Setelah siuman, kulihat rantai yang melilitku telah terputus,”
kata Abdullah al-Basri. Padahal, kata seorang muridnya, ketika itu Syekh Samman
berada di kediamannya sendiri.
Adapun
perihal awal kegiatan Syekh Muhammad Samman dalam tarekat dan hakikat, menurut
Kitab Manaqib. diperolehnya sejak bertemu dengan Syekh Abdul Qadir Jailani.
Suatu
ketika, Syekh Muhammad Samman berkhalwat (menyendiri) di suatu tempat dengan
memakai pakaian yang indah-indah. Pada waktu itu. datang Syekh Abdul Qadir Jailani
yang membawakan pakaian jubah putih. “Ini pakaian yang cocok untukmu.” Ia
kemudian memerintahkan Syekh Muhammad Samman agar melepas pakaiannya dan
mengenakan jubah putih yang dibawanya. Konon, Syekh Muhammad Samman
menutup-nutupi ilmunya sampai datanglah perintah dari Rasulullah SAW untuk
menyebarkannya kepada penduduk Kota Madinah.
Adalah
sesorang untuk mendapatkan fadhilah satu karomah Aulia Allah hendaklah ia yaqin
bahwa orang itu benar-benar Aulia Allah dan tidak syak atau keragu-raguan sama
sekali dan jangan memungkirinya walaupun keadaan wali tersebut menyalahi syara’
Dan
Sayyidi Syekh Samman meninggal dunia pada hari rabu 2 zdulhijjah tahun 1189 H,
dan dimaqamkan di baqi’ berdekatan dengan kubur para istri-istri Baginda
Rasulullah
Beliau
banyak memiliki karomah yang tidak bisa dihitung banyaknya, bahkan sampai saat
inipun karamah itu terus ada.
Karamah
agung beliau adalah pangkat kewaliannya yang begitu agung. Beliau mendapat haq
memberi syafaat 70.000 umat manusia masuk syurga tanpa hisab.
Murid-murid
beliau dr Indonesia : Qutb Zaman Syekh muhammad Arsyad al-Banjari, Qutb Maktum
Syekh Abul Abbas Ahmad at-Tijani (pendiri tarekat Tijani), al-Qutb Syekh
Abdussamad al-Palimbani, al-Qutb Syekh Abdul Wahab Bugis (menantu Syekh Arsyad
al-Banjari), al-Qutb Syekh Abdurrahman al-Batawi (kakek Mufti betawi dari pihak
ibu Habib utsman betawi), al-Qutb Syekh dawud al-Fathani, dan lain-lain.
Dan
diantara keagungan dan kemuliaan beliau yg amat banyak, diantaranya : SEMUA
MURID BELIAU YANG JUMLAHNYA RIBUAN MENEMPATI MAQAM QUTB.
Beliau
menempati kemulyaan karena beliau berada pada jalan Rasulullah dan para
sahabatnya, yakni AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.